Rabu, 20 Februari 2008

Aksi Tatung Pukau Masyarakat Sungai Pinyuh


Johan Wahyudi
Borneo Tribune, Sungai Pinyuh

Kebersamaan terasa menyatu, dimana berbagai etnis dan adat budaya menjadi satu dalam perayaan Festival Cap Goi Me di Kabupaten Pontianak, dipusatkan di Viara Tri Darma Bhakti Sungai Pinyuh, Rabu (20/2), kemarin. Dimana festival tersebut dihadirkan seni budaya Melayu, Jawa, Dayak. Sehingga memukau warga Sungai Pinyuh terutama etnis Thionghoa.

Festival Cap Go Me yang dibuka langsung Bupati Pontianak, Drs. H. Agus Salim, MM, yang juga dihadiri kepala dinas instansi, muspida dan tokoh masyarakat dari berbagai etnis, semakin memukau warga setelah melihat tatung-tatung dengan jarum-jarum yang menusuk pipinya dan senjata tajam yang sama sekali tidak melukai kaki dan tubuhnya, apalagi ada tiga tatung wanita yang juga unjuk kemampuan yang semakin membuat para pengunjung enggan meninggalkan acara tersebut.

Serta pertunjukan Naga Sin Liung, naga terbesar dan terpanjang di Kecamatan Sungai Pinyuh dan atraksi burung merak semakin menarik perhatian anak-anak, bahkan banyak warga yang mengabadikan pertunjukan tersebut baik dengan kamera maupun HP mereka.

Arakan para tatung maupun naga yang mengelilingi Kota Sungai Pinyuh, sempat membuat macet jalan, sehingga para petugas kepolisian berusaha keras menertibkan pangguna jalan agar pengguna jalan bisa menjalankan kendaraannya dengan aman dan lancar.

Sebagai bentuk seni budaya dan tradisi yang patut dipertahankan, serta dikembangkan, Agus Salim, sangat mendukung kegiatan tersebut, apalagi dengan khazanah budaya bangsa ini dihartapkan mampu meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) terutama di sektor pariwisata. Apalagi melalui festival seperti ini, mampu menciptakan jalinan silaturahmi yang erat dari berbagai etnis sehingga semakin memperkokoh tali persaudaraan dan persatuan warga Kabupaten Pontianak.

“Selakuy Bupati Pontianak, saya sangat mendukung festival seni budaya ini, dnegan beragamnya seni budaya di Kabupaten Pontianak, diharapkan mampu menarik minat para wisatawan baik dari dalam negeri maupun manca negara,” ucapnya.




0 komentar: